Monday, January 2, 2012

Makna Lambang Bendera Bajak Laut

 
H
ellooo..
This is me again,, lagi seneng2 nya blogging nie aq,, mumpung waktunya lagi banyak juga hehehe..
Aku mau nulis artikel menarik nie,, yang selalu menarik buat aku,, tentang lambang bendera bajak laut…
Dunia perbajaklautan dari dulu memang selalu menaraik perhatianku, mulai dari kostum yang unyu banget, kapal klasik yang tahan banting, fighting ala bajak laut, sampe peraturan di dunia perbajaklautan,, tapi sekarang aku mau bahas tentang lambang benderanya aja dulu.
Umumnya lambang bendera mereka (red:bajak laut) itu adalah tengkorak dengan pedang menyilang, dan lambang itu ternyata memiliki nama, Jolly Roger begitu panggilannya. Ada yang berpendapat bahwa nama itu berasal dari pelesetan lidah orang Inggris yang mendengar bahasa Prancis “Jollie Rouge” yang berarti si merah yang cantik, karena dulu lambang tengkorak dibuat pada bendera berwarna merah. Pendapat lain menyebutkan bahwa nama tersebut diambil dari silsilah raja yang pertama kali mengibarkan bendera tesebut untuk aramada kapal Templar pada tahun 1127, yaitu King Roger II.
 

Bendera ini juga dibuat dalam beberapa bentuk desain,, ada yang membuat dengan dua pedang bersilang seperti yang udah dibahas diatas,, ada yang membuat gambar tengkorak tampak samping, ada yang membuat dengan tulang bersilang,, dan ada juga yang menggambar tengkorak dengan berbagai aksesoris.
Penggunaanya, bendera ini digunakan oleh para bajak laut untuk memberi isyarat kepada kapal calon mangsa untuk bersiap-siap. Bendera yang dikibarkan adalah bendera dengan latar belakang hitam, ini dimaksudkan agar kapal mangsa menyerah, karena jika tidak menyerah maka kapal bajak laut tidak akan mengenal ampun (no quarter, no mercy). Jika kapal mangsa bertahan, maka bendera hitam Black Jack akan diturunkan dan akan digantikan dengan bendera berlatar merah Red Jack, yang berarti darah akan segera mengalir tanpa ampun. Itu mengapa jika kita menonton film2 bajak laut, bendera dengan lambang tengkorak ini tidak selalu berkibar, tapi jika mereka bertemu mangsa maka sang kapten akan segera berseru kepada kelasi untuk menaikkan bendera. Menarik bukan…

Thaks for Reading..
Write_Riezchi|02Dec’11|My Room, Bandung 05:59 pm

No comments:

Post a Comment